3 Cara Menanam Sayuran di Halaman

menanam sayuran di halaman rumah

3 Langkah Menanam Sayuran Di Halaman Rumah

Menanam sayuran di halaman rumah yang pekarangannya kecil menjadi masalah tersendiri, namun kali ini Lulu akan membagikan pelatihan efektif pengalaman 3 langkah menanam sayuran yang mempunyai halaman rumah yang kecil, seperti rumah Lulu yang tinggal di kompleks perumahan hanya sedikit sekali pekarangannya, tetapi Lulu tidak patah semangat, karena memang hoby berkebun dari remaja, hingga saat ini menjadi Mahasiswi.

Memiliki hobi berkebun dengan menanam sayuran di halaman tentunya akan sangat memberikan keuntungan bagi seseorang. Pasalnya saat ini berkebun bukan merupakan pekerjaan yang hanya bisa dilakukan oleh petani. Bahkan Anda yang memiliki pekarangan atau halaman rumah juga bisa mencoba melakukan kegemaran seperti berkebun. Bagi Anda yang tidak memiliki halaman rumah yang tidak terlalu luas maka bisa tetap menggunakan lahan seadanya. Justru akan lebih mudah untuk memantau jenis tanaman yang perlu dirawat setiap harinya. Namun, Anda harus pintar dalam memilih jenis sayuran yang cocok untuk ditanam di halaman rumah.

Apabila Anda hanya memiliki lokasi perkebunan yang tidak cukup luas, maka Anda harus mengetahui beberapa informasi dan kemampuan yang jelas untuk bisa melakukan upaya pembudidayaan sayuran. Pasalnya, untuk menanam di pekarangan yang sempit membutuhkan teknik penanaman yang perlu dijadikan pertimbangan untuk menghasilkan sayuran yang tumbuh dengan baik. terdapat perbedaan untuk menanam sayuran di pekarangan rumah dengan menanam di lahan yang luas.

Beginilah Tips Menanam Sayuran Di Halaman Rumah

Bagi Anda yang ingin melakukan percobaan menanam sayuran di halaman rumah yang tidak cukup luas, maka bisa mencobanya dengan melakukan beberapa tips di bawah ini seperti:

  1. Berkebun Dengan Cara Hidroponik

” style=”display: block !important; max-width: 100%;” />
Menanam sayuran di halaman rumah dengan cara hydroponik

Menanam dengan cara hidroponik yaitu menanam sayur dengan menggunakan media air sebagai pengganti tanah. Dengan menambahkan larutan dari unsur hara ke dalam air maka bisa mencukupi kebutuhan nutrisi yang selalu dibutuhkan oleh tumbuhan dengan cara hidroponik. Dengan berkebun secara hidroponik bisa sedikit mengurangi pengeluaran, pasalnya Anda bisa melakukannya dengan menggunakan botol saja.

Caranya cukup mudah yaitu pertama Anda potong botol menjadi 2 bagian. Kemudian bagian atas botol dipasang sumbu dan dilubangi, tujuannya untuk memberikan aliran udara pada tumbuhan. Setelah itu, bagian atas botol diisi dengan pasir, sekam, dan juga pecahan bata untuk media tanam. Lalu, Anda sebarkan bibit tanaman ke dalam media tanam tersebut. Masukkan bagian atas botol ke dalam bagian bawah botol dengan cara dibalik.

  1. Berkebun Dengan Menggunakan Pot

” style=”display: block !important; max-width: 100%;” />

Pemilihan pot untuk menanam sayuran tentunya sangat tepat. Selain murah, dengan menggunakan pot tumbuhan akan jauh lebih terkesan rapi. Pot memiliki banyak jenis seperti plastik, tanah liat, semen, dan juga logam tentunya bisa memberikan pilihan untuk Anda. untuk media tanam menggunakan pot merupakan percampuran antara tanah, pupuk, sekam, dan kompos dengan perbandingan 1:1:1. Berikan pupuk dalam periode 3 bulan sekali.

  1. Berkebun Dengan Menggunakan Kontainer

Menanam sayuran di halaman rumah dengan cara menggunakan kontainer

Kontainer merupakan media tanam yang memiliki ukuran lebih besar dibandingkan pot. Fungsi utamanya tentu sama seperti pot untuk menghemat pengeluaran ketika melakukan kegiatan berkebun dengan memanfaatkan lahan teras rumah. Pilihlah tanah yang gembur dan memiliki unsur hara yang tinggi untuk mengisi kontainer. Tujuannya agar meningkatan tanaman dalam kontainer tetap mendapatkan kebutuhan untuk bisa tumbuh. Anda bisa meletakkan kontainer di tempat yang cukup terkena matahari secara langsung, selain itu berikan pengairan secara berkala untuk kesuburan tanaman.

Jangan lupa amati dan lihat seluruh tanaman Anda agar tidak terkena gangguan dari hama dan penyakit tanaman. Meskipun hanya sebatas berkebun dengan memanfaatkan halaman rumah, namun Anda juga harus rajin-rajin pengairan dan membawa tanaman-tanaman untuk mendapatkan kebutuhan sinar matahari di pagi hari. Anda bisa memilih jenis tanaman yang cocok untuk ditanam dengan menggunakan media tanam seperti hidroponik, pot, maupun kontainer. Jadilah gaya hidup anda berkelas GHOB.

Leave a Comment